7 Oleh-oleh Khas Jogja yang Digemari Wisatawan

posted in: Uncategorized | 0

Oleh-oleh khas jogja, sejak dulu sampai sekarang, Kota Yogyakarta selalu menjadi favorit para pelancong untuk dikunjungi. Masyarakat dari ujung timur sampai barat Indonesia banyak yang penasaran dengan wisata dan budaya Jogja. Inilah mengapa, ketika pulang ke rumah, para wisatawan ini pun tidak akan melewatkan untuk berburu oleh oleh khas Jogja. Dari sekian banyak hal menari di Yogyakarta, inilah beberapa oleh oleh yang paling sering diminati para pelancong, baik lokal maupun internasional.

  1. Bakpia Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Ke Jogja tidak afdol jika tidak membeli bakpia khas Jogja. Oleh oleh khas Jogja satu ini selalu menjadi buruan para wisatawan. Bentuk bakpia yang bulat kecil dengan isian beraneka rasa, membuat siapa saja suka dengan makanan satu ini. Apalagi jika Anda membeli bakpia di outlet-outlet populer, biasanya masih hangat dan teksturnya terasa lembut. Beberapa outlet bakpia yang paling terkenal adalah Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 145, dan Bakpia Pojok Bu Prapti. Bakpia dijual perdus, satu dus berisi sekitar 15 sampai 20 biji. Harganya pun terjangkau, dari Rp. 25.000 sampai Rp. 60.000 saja.

  1. Batik Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Sebagai kota yang terkenal dengan kebudayaannya yang masih kuat dan kental, Jogja pun menjadi terkenal dengan batiknya. Inilah mengapa, batik Jogja menjadi oleh oleh khas Jogja berikutnya yang diburu para pelancong. Batik Jogja pun macam-macam motif dan produksinya. Batik print biasanya lebih murah daripada batik yang dibuat secara tradisional. Namun, untuk berburu batik murah, Anda bisa pergi ke Pasar Beringharjo atau Malioboro. Di dua tempat tersebut, kain maupun pakaian dari batik dijual di hampir setiap toko. Harganya bervariasi, dari yang hanya Rp. 20.000, sampai yang Rp. 100.000 ke atas.

  1. Gudeg Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Gudeg dan Jogja sepertinya adalah dua hal yang tidak dipisahkan. Gudeg memang sangat melekat dengan kesan Kota Jogja. Jika bertanya, makanan apa yang identik dengan Jogja, pasti semua sudah tahu jika gudeg jawabannya. Tidak heran jika setiap wisatawan yang ke Jogja selalu mencari gudeg. Makanan ini sendiri merupakan makanan berat yang terdiri dari gudeg itu sendiri, dengan nasi, krecek, tempe tahu, ayam atau pun telur. Selain gudeg basah, sekarang pun sudah ada gudeg kering yang bisa dijadikan oleh oleh khas Jogja untuk orang di rumah. Harga gudeg per porsi macam-macam, tergantung warung makannya. Namun, tidak begitu mahal, hanya sekitar Rp. 15 – 40 ribuan.

  1. Geplak Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Ada lagi oleh oleh khas Jogja yang selalu diburu para pelancong, yaitu geplak. Makanan ini adalah jajanan ringan yang terbuat dari kelapa dan gula. Kelapa yang diparut dicampur dengan gula pasir maupun gula jawa. Tidak heran jika rasanya manis-manis gurih menggugah selera. Geplak masa kini malah memiliki beragam rasa, mulai dari cokelat, vanilla, sampai durian. Harganya pun tidak begitu mahal, biasanya satu dus hanya dibandrol senilai Rp. 15. 000 sampai Rp. 25.000. Bisa dibeli di outlet populer maupun di pinggir jalan.

  1. Yangko Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Gurih, manis, kenyal, itulah yang terpikir jika mendengar kata yangko Jogja. Makanan ringan satu ini memang sangat menagih, sensasi kenyal-kenyalnya itu yang biasanya disukai wisatawan. Tidak heran jika yangko menjadi oleh oleh khas Jogja yang kepopulerannya tidak kalah dari bakpia. Harga camilan manis ini pun tidak mahal, cukup dengan uang Rp. 10 sampai 20 ribu, Anda sudah bisa membawa satu dus yangko untuk dibawa pulang.

  1. Blangkon, Keris dan Jarik Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Jika ingin membeli oleh oleh khas Jogja yang bisa dipakai sekaligus dipajang di rumah, tampaknya barang-barang seperti blangkon, keris dan jarik adalah pilihan yang tepat. Benda-benda tersebut memang sangat identik dengan Yogyakarta. Hal ini berkaitan dengan pakaian adat masyarakat Jogja itu sendiri, yang berupa kain jarik dengan memakai blangkon dan menyematkan keris pada stagen. Jika ingin mencari benda-benda tersebut dengan harga terjangkau, Anda bisa meluncur ke kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Aksesori tersebut bisa dibeli dari yang termurah yaitu Rp. 10.000 saja, sampai ratusan ribu.

  1. Cokelat Monggo dan Ndalem Jogja

oleh oleh khas jogja

 

Anda yang suka makan cokelat, pasti akan gembira ketika ke Jogja. Sebab, kota ini juga memiliki produsen cokelat yang enak, dan beberapa tahun belakangan menjadi oleh oleh khas Jogja yang banyak diburu pelancong. Ada dua produsen cokelat populer, yaitu Cokelat Monggo dan Cokelat Ndalem. Cokelat Monggo lebih kepada cita rasa cokelat Belgia dan percampuran buah-buahan. Sedangkan Cokelat Ndalem lebih kepada cokelat dengan rasa rempah-rempah seperti jamu. Harga keduanya macam-macam, dari Rp. 20.000 sampai Rp. 80.000.

Masih banyak sekali oleh oleh khas Jogja selain yang disebutkan di atas. Untuk mengetahuinya, memang paling asik jika langsung berkunjung ke Jogja dan membelinya secara langsung. Namun, jika tidak ada waktu jalan-jalan, sekarang juga banyak toko-toko online yang menjual oleh oleh khas Jogja tersebut. Yang pasti, hal-hal yang berkaitan dengan Jogja memang selalu memberi kesan mendalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *