7 Oleh-oleh Khas Malang yang Enak dan Kekinian

posted in: Uncategorized | 0

Malang merupakan salah satu dari kota di Jawa Timur yang hampir sepanjang musim liburan terus menerus dipenuhi oleh para wisatawan. Tidak hanya berasal dari sekitar daerahnya saja, tapi juga berasal dari luar pulau mau pun mancanegara. Alasan mereka datang ke Malang tentu saja untuk berkunjung ke tempat wisatanya yang tidak kalah keren dan cantik dari kota lainnya.

Tapi saat sedang berkunjung ke sana, sebaiknya Anda jangan melupakan oleh oleh khas Malang yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di kota lainnya. Dengan sajiannya yang khas, jangan sampai kamu melewati rasanya yang sedap, sehingga sangat disayangkan kalau kamu tidak membawanya pulang. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh oleh khas Malang yang wajib kamu bawa pulang.

 

1. Apel

oleh oleh khas malang

 

Malang sangat terkenal dengan buah apelnya yang terasa sangat segar. Tidak heran lagi kalau buah yang satu ini menjadi salah satu oleh oleh khas Malang yang selalu dicari para wisatawan. Ada 2 jenis apel yang lebih terkenal di kalangan wisatawan, yaitu apel manalagi dan apel ana. Ada perbedaan di antara keduanya.

Apel manalagi warna kulitnya adalah hijau dan rasanya terasa segar, apalagi manis. Kalau apel ana, mungkin cocok buat kamu yang suka rasa yang asam karena rasanya ini cukup asam dengan warna kulitnya cukup bersemburat merah.

Sebagai oleh oleh khas Malang, buah ini memang sangat gampang ditemukan. Kamu bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan, pusat oleh-oleh, dan pasar. Tapi kamu jangan menawarnya dengan harga yang terjangkau ya, karena terkadang harganya dinaikkan, apalagi pada musim liburan.

2. Strudel

oleh oleh khas malang

 

Strudel mulai populer di Malang sekitar beberapa tahun belakangan ini. Strudel sendiri merupakan kue yang bentuknya berlapis dan di dalamnya diberi isian aneka buah. Kamu bisa memilih sendiri isian di dalamnya, mulai dari vanilla, cokelat, strawberry, mix fruit, maupun nanas. Kalau kamu ingin mencari oleh oleh khas Malang ini dengan rasanya yang sudah terkenal lezat, kunjungi saja toko Malang Strudel yang berada di Jl. Ardimulyo no. 14, Singosari.

3. Keripik buah

oleh oleh khas malang

 

Malang memiliki tanah yang lebih subur, sehingga budidaya apa pun sangat subur dan segar-segar. Buahnya yang bisa dipanen dengan jumlah yang cukup banyak membuat penduduk harus pintar-pintar mengolahnya menjadi sebuah bahan konsumsi yang menguntungkan.

Tidak heran kalau kebanyakan warga di sana membuka usaha oleh oleh khas Malang dengan menjualkan keripik buah dengan aneka pilihan buah. Dengan prosesnya yang cukup lama, akhirnya terciptalah keripik yang garing dan tentu rasanya masih sama dengan rasa buah aslinya.

Kamu akan dengan gampang menemukan oleh oleh khas Malang ini karena biasanya dijual di tempat-tempat penjualan pusat oleh oleh atau di sekitar daerah wisatawan.

4. Keripik tempe

oleh oleh khas malang

 

Selain keripik buah, keripik tempe juga dijadikan oleh oleh khas Malang yang sangat terkenal. Malang juga sangat populer dengan hasil tempenya yang melimpah. Jadi tidak jarang kalau di sana banyak yang menjajakan oleh oleh keripik tempe yang garing dan gurih rasanya.

Kalau mau mendapatkan keripik tempe dari hasil pengolahannya langsung, datang saja ke Kampung Sanan yang berada di Kecamatan Belimbing. Di sana sudah sangat populer sebagai pusat penghasil tempe yang terbesar.

Sebagian besar di sini warganya berkecimpung sebagai pemasok tempe, yang mengiris tempe, dan yang membungkus tempe. Yang spesialnya lagi, ada berbagai macam pilihan rasa yang bisa kamu pilih, mulai dari keju, bbq, rumput laut, serta jagung manis.

5. Keripik ceker

oleh oleh khas malang

 

Oleh oleh khas  Malang yang tidak boleh kamu lewatkan juga adalah keripik cekernya. Ceker ayam diolah menjadi sebuah makanan yang gurih dan renyah, apalagi cocok sebagai lauk untuk makanan sehari-hari. Belum lagi kalau ceker banyak mengandung zat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Oleh oleh khas  Malang ini bisa kamu temukan di pusat perbelanjaan oleh oleh dan di sekitar daerah wisatanya. Kamu bisa memilih besaran kemasan sesuai dengan selera kamu, mulai dari yang besar sampai yang ukuran kecil. Tapi rasanya tetap sama saja enaknya.

6. Telo

oleh oleh khas malang

 

Telo juga menjadi salah satu makanan khas Malang yang sayang kalau tidak kamu bawa pulang. Sebagai penghasil telo dengan jumlahnya yang banyak di Pulau Jawa, Malang bisa mengolah telonya menjadi makanan apa pun. Ada yang mengolahnya menjadi es krim, keripik, bakpao, sampai menjadi nugget.

Kamu bisa membelinya di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan oleh-oleh. Harganya juga terjangkau, tapi tergantung dari olahan apa yang kamu beli.

7. Pia mangkok

oleh oleh khas malang

 

Pia tidak hanya kamu temukan di Kota Jogja saja, tapi juga bisa ditemukan di Kota Malang. Tapi sebutannya berbeda, yakni pia mangkok. Oleh oleh ini bisa kamu simpan selama kurang lebih 2 minggu dengan rasanya yang sama saja atau tidak berubah. Di pusat oleh oleh ini, kamu bisa meminta penjualnya untuk memberikan hasil produksi yang masih baru.

Jadi, ketika kamu sedang ke Malang, jangan lupa membeli oleh oleh khas Malang, ya. Rasanya yang nikmat tentu membuat kamu kangen berkunjung ke sana lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *