Pecel Ponorogo di Surabaya Yang Terkenal Enak Rasanya

posted in: Uncategorized | 0

 

Pecel Ponorogo

Pecel ponorogo, siapa sih yang tidak kenal dengan masakan nusantara, pecel? Tapi tunggu dulu, pecel yang dimaksud di sini bukanlah pecel ayam atau lele, melainkan yang isinya sayur-sayuran tanpa ada daging di dalamnya. Sebagai makanan khas Indonesia, pecel sering kali dipadukan dengan nasi supaya rasanya lebih mantap.

Di Indonesia sendiri sebenarnya mempunyai banyak aneka pecel, mulai dari pecel Madiun, pecel Kediri, pecel Blitar, dan tidak ketinggalan pula pecel Ponorogo. Sudah dari dulu pecel menjadi salah satu makanan khas Ponorogo hingga sekarang.

Cita rasa yang didapat tentu saja berbeda dengan daerah-daerah lainnya, sehingga membuatnya menjadi semakin mempunyai ciri khas tersendiri. Dari sekilas tampilannya pun sudah cukup berbeda dengan pecel lainnya. Pecel Ponorogo lebih memiliki tekstur bumbu yang sedikit lebih kasar, sehingga saat masuk ke dalam mulut, Anda masih bisa merasakan gigitan kacangnya yang lezat.

Selain itu, dari rasanya sendiri lebih pedas dibandingkan bumbu pecel dari daerah lainnya. Tapi tetap saja, Anda masih bisa memesannya yang tidak pedas karena disediakan bumbu yang tidak pedas.

Untuk membicarakan lauknya saja sudah berbeda, karena lebih banyak variasinya. Kalau kebanyakan pecel menambahkan empal goreng sebagai lauknya, di pecel Ponorogo tidak diberikan sama sekali. Hanya saja pada umumnya diberikan lauk-lauk yang lain, seperti tempe goreng, sate usus, sate ayam, ote-ote, lentho, rimbil, sate udang, wader, ayam kampung yang disuir atau utuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Surabaya, tidak boleh dilewatkan makanan khasnya yang satu ini. Rasanya yang gurih dan enak, tentu saja membuat Anda kalap makan berkali-kali.

Tempat Pecel Ponorogo yang Enak dan Hits di Surabaya

Selain rasanya yang berbeda dengan daerah lainnya, pastinya pecel yang berasal dari Ponorogo ini juga memiliki rasanya yang khas sesuai dengan siapa yang membuatnya. Di Ponorogo terdapat banyak warung yang menjajakan nasi pecel dengan rasa yang tentu tidak sama.

Bagi Anda yang penasaran untuk mencicipi makanan khas Kota Reog ini dengan rasa yang benar-benar lezat dan sudah terkenal di mana-mana, berikut beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi.

1. Pecel Ponorogo Khas Hj. Boeyatin

Salah satu warung pecel Ponorogo yang direkomendasikan di Surabaya adalah khas Hj. Boeyatin. Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipinya, bisa langsung datang ke warungnya yang berada di Jl. Ketabang Kali No. 51. letaknya sebenarnya cukup mudah ditemukan karena berada di depan kali Kayun.

Warung pecel Hj. Boeyatin sudah lama memanjakan lidah masyarakat Surabaya dengan pecel Ponorogonya yang khas. Di dalam isiannya, diberikan aneka sayur, seperti bayam, touge, timun yang sudah dipotong kecil-kecil, serta petai cina. Sambal kacangnya bisa disesuaikan dengan selera, apakah pedas atau tidak.

Jangan lupa berikan lauk-lauk sebagai pendamping yang lezat, seperti sate telur, baceman, ayam goreng, bakwan, dan sebagainya. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp 9.000 hingga Rp 20.000 saja. Untuk jam bukanya dari pukul 06.00 sampai 21.00.

2. Pecel Ponorogo Khas Pak Katiran

Tempat pecel yang asyik dicicipi lainnya adalah dari khasnya Pak Katiran. Sama seperti Hj. Boeyatin, di warung Pak Katiran ini juga banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh untuk mencicipi makanan pecel Ponorogo-nya yang lezat.

Sambalnya kacangnya di sini sangatlah lezat dan berbeda dengan yang lainnya. Bumbunya tersebut dibuat dengan cara ditumbuk yang menggunakan lumpang dan alu. Keduanya terbuat dari kayu jeruk. Tidak heran kalau rasanya dan aromanya sangat berciri khas.

Harganya sangat murah, apalagi buat Anda yang mempunyai budget liburan minim, karena diberikan harga Rp 3.000 per porsinya saja. Tapi Anda yang ingin mencicilnya harus datang pagi-pagi karena dibuka dari jam 6 pagi sampai 9 pagi saja.

3. Pecel Ponorogo Mbah Gendut

Pecel Ponorogo yang tidak kalah enaknya adalah dari Mbah Gendut. Lokasi warungnya ada 2, yakni berada di Jl. Bratang Gede No. 72 dan Jl. Raya Rungkut Madya No. 241 yang tepatnya di depan FISIP UPN.

Bumbunya mempunyai olahan yang khas sehingga memberikan cita rasa yang unik dan gurih. Varian sambal kacangnya bisa Anda pilih sendiri, baik itu pedas atau tidak. Untuk lauknya diberikan variasi juga, seperti dadar jagung, tahu kare, baceman, rempelo ati, tempe Ponorogo, usus, dan sebagainya. Harganya juga masih terjangkau, sekitar Rp 12.000 sampai 20.000-an.

Itulah beberapa tempat kuliner pecel Ponorogo yang hits dan tentu saja enak. Saat berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mencicipinya karena sayang sekali kalau Anda tidak mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *