5 Nasi Pecel Madiun Yang Terkenal Enak

posted in: Uncategorized | 0

Pecel Madiun, siapa yang tidak mengenal salah satu kuliner khas Jawa ini? Kuliner satu ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya kuliner pecel di Indonesia. Kuliner ini berasal dari kota Madiun kota yang juga terkenal dengan makanan khasnya yaitu Brem yang terbuat dari ketan yang difermentasikan. Kota Madiun bisa di tempuh dengan perjalanan darat dari Surabaya yang berjarak sekitar 169 km denagan menggunakan bis dan kereta api. Bila anda bepergian dari Surabaya ke Solo, Jogjakarta atau Semarang maka bisa dipastikan akan melewati kota Madiun jika melewati jalur tengah. Ketika akan memasuki kota Madiun anda akan disambut dengan slogan Selamat Datang Di Kabupaten Madiun.

pecel madiun

Sedangkan untuk pembuatannya pecel madiun hampir tidak ada perbedaanya dengan pecel-pecel lainnya seperti pecel kediri, pecel blitar, pecel ponorogo, pecel nyamleng, pecel malang dan pecel surabaya. Bahan dasar pembuatan pecel pada umumnya adalah kacang tanah, gula merah, daun jeruk purut, garam, asam dan bawang putih. Untuk proses pematangan kacang tanahnya ada yang disangrai atau digoreng menggunakan minyak goreng tergantung selera masing-masing. Setelah semua bumbu pecel tersebut sudah lengkap selanjutnya bisa di blender atau di selep/digiling.

Meskipun bahan dasar pembuatan pecel hampir sama dengan pecel-pecel tapi rasanya yang bikin beda. Sambal kacangnya tidak terlalu lembut. Bahkan, cabainya kadang masih utuh. Rasanya juga biasanya pedas, dengan aroma jeruk pecel yang kuat. Jika rasa kencurnya menyengat, dipastikan itu bukan pecel kota madiun, tetapi lebih berasal dari timur, seperti Kediri dan Blitar.

Daun pepaya, bayam, daun mlinjo, toge, bunga pisang, daun kunci serta lainnya menjadi ciri khas kuliner dari kota Madiun. Saat disajikan biasanya dilengkapi dengan ragi, srundeng dan lalapan.
Brand pecel Madiun adalah lalap, yakni lamtoro dan daun kemangi. Kalau ada yang menambahi dengan cacahan timun, itu bukan nasi pecel madiun.
Ciri khasnya lagi, disajikan di pincuk (daun pisang), ditambah peyek (kacang ijo, tholo hitam, teri, ebi dan lain-lain), serta peyek tempe kiripik. Penjual juga sering melengkapi dengan lauk jeroan; babat, usus, paru. otak goreng sapi, limpa dan empal.

Membicarakan pecel dari kota madiun rasanya tidak lengkap bila kita tidak mengetahui tempat-tempat atau lokasi yang menjual menu pecel ini di kota madiun diantaranya :

1. Nasi Pecel Pojok

pecel madiun

Warung Nasi Pecel Pojok terletak di Jalan Cokroaminoto No.121, Kota Madiun. Sesuai dengan namanya, warung yang berdiri sejak tahun 1967 ini terletak di pojokan, tepatnya pojokan antara Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ringin, samping SDK Santa Maria.

2. Nasi Pecel Bu Mandung

kota brem madiun

Warung Nasi Pecel Bu Mandung terletak di antara Warung Nasi Pecel Pojok dengan Warung Nasi Pecel Bu Wir Kabul, tepatnya di depan SDK Santa Maria. Warung ini berupa tenda yang baru buka setelah magrib hingga pukul 3.00 dini hari. Keberadaan Nasi Pecel Bu Mandung seakan mengukuhkan Jalan Cokroaminoto sebagai surga nasi pecel di wilayah Kota Madiun. Letak antara satu warung dengan warung lainnya pun tak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Warung-warung tersebut pun memiliki pelanggan setia masing-masing.

3. Nasi Pecel Sri Tanjung

pecel madiun

Masih di sekitaran Jalan Cokroaminoto Kota Madiun dan tak jauh dari Warung Nasi Pecel Bu Wir Kabul, terdapat Warung Nasi Pecel Sri Tanjung. Berbeda dengan Warung Pojok, 99, atau Bu Wir Kabul yang memiliki bangunan permanen, Nasi Pecel Sri Tanjung merupakan deretan tenda yang cukup panjang di depan etalase beberapa toko.

4. Nasi Pecel Madiun 99

pecel kota madiun

Warung nasi pecel selanjutnya adalah Depot Nasi Pecel Madiun 99. Dinamakan demikian karena terletak di Jalan Cokroaminoto No. 99, Kota Madiun, tak jauh dari Warung Nasi Pecel Pojok. Depot yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini konon merupakan tempat favorit mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono ketika berkunjung ke Kota Madiun. Hal ini terlihat dari beberapa foto beliau berdua yang sedang menikmati nasi pecel terpampang di dinding depot ini.

5. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

pecel kota madiun

Tidak jauh dari Warung Nasi Pecel Pojok, terdapat warung nasi pecel yang tak kalah enak. Nasi Pecel Bu Wir Kabul namanya. Terletak di Jalan Cokroaminoto No. 115 Kota Madiun, warung ini menyajikan nasi pecel dengan sambal kacang yang pedas dan gurih.

Itulah beberapa nasi pecel madiun yang bisa anda kunjungi ketika anda bepergian ke kota Madiun atau kota lainnya seperti Solo, Yogyakarta, Semarang. Rasanya adanya ada yang hilang bila anda tidak mencicipinya ketika anda berkunjung ke kota Madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *