Pecel Madiun Yang Enak Dan Maknyus

posted in: Uncategorized | 0

pecel madiunPecel Madiun, siapa yang tidak mengenal salah satu kuliner khas Jawa ini? Kuliner satu ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya kuliner pecel di Indonesia. Kuliner ini berasal dari kota Madiun kota yang juga terkenal dengan makanan khasnya yaitu brem yang terbuat dari ketan yang difermentasikan. Pecel madiun berbeda dengan pecel-pecel lainnya karena rasanya yang khas yakni manis sedikit masam. Selain itu bila kita menikmati pecel madiun di kota Madiun langsung kita tidak akan pernah menemukan pecel yang dipadukan dengan sambel tumpang. Hal ini dikarenakan sambel tumpang adalah ciri khas pecel Kediri dan sekitarnya.

Kota Madiun bisa di tempuh dengan perjalanan darat dari Surabaya yang berjarak sekitar 169 km denagan menggunakan bis dan kereta api. Bila anda bepergian dari Surabaya ke Solo, Jogjakarta atau Semarang maka bisa dipastikan akan melewati kota Madiun jika melewati jalur tengah. Ketika akan memasuki kota Madiun anda akan disambut dengan slogan Selamat Datang Di Kabupaten Madiun.

Sedangkan untuk pembuatannya kuliner madiun ini hampir tidak ada bedanya dengan pecel-pecel lainnya seperti pecel kediri, pecel blitar, pecel ponorogo, pecel nyamleng, pecel malang dan pecel surabaya. Bahan dasar pembuatan pecel pada umumnya adalah kacang tanah, gula merah, daun jeruk purut, garam, asam, cabe  dan bawang putih. Untuk proses pematangan kacang tanahnya ada yang disangrai atau digoreng menggunakan minyak goreng tergantung selera masing-masing. Setelah semua bumbu pecel tersebut sudah lengkap selanjutnya bisa di blender atau di selep/digiling.

Meskipun bahan dasar pembuatan pecel hampir sama dengan pecel-pecel lainnya tapi rasanya yang bikin beda. Sambal kacangnya tidak terlalu lembut. Bahkan, cabainya kadang masih utuh. Rasanya juga biasanya pedas, dengan aroma jeruk pecel yang kuat. Jika rasa kencurnya menyengat, dipastikan itu bukan pecel kota madiun, tetapi lebih berasal dari timur, seperti Kediri dan Blitar.

Daun pepaya, bayam, daun mlinjo, toge, bunga pisang, daun kunci serta lainnya menjadi ciri khas kuliner dari kota Madiun. Saat disajikan biasanya dilengkapi dengan ragi, srundeng dan lalapan. Ciri khas kuliner Madiun ini adalah lalap, yakni lamtoro dan daun kemangi. Kalau ada yang menambahi dengan cacahan timun, itu bukan nasi pecel madiun. Ciri khasnya lagi, disajikan di pincuk (daun pisang) atau ada juga yang menggunakan pincuk daun jati, ditambah peyek (kacang ijo, tholo hitam, teri, ebi dan lain-lain), serta peyek tempe kiripik. Penjual juga sering melengkapi dengan lauk jeroan; babat, usus, paru. otak goreng sapi, limpa dan empal.

Pecel Madiun Yang Terkenal Enak :

1. Nasi Pecel Pojok

Pecel Pojok Madiun merupakan legenda pecel di Madiun yang namanya sudah sangat terkenal. Nasi pecel yang sangat legendaris yang usianya lebih dari setengah abad dan termasuk sesepuh alias masuk dalam jajaran tempat nasi pecel tertua di Madiun. Warung Nasi Pecel Pojok terletak di Jalan Cokroaminoto No.121, Kota Madiun. Sesuai dengan namanya, warung yang berdiri sejak tahun 1967 ini terletak di pojokan, tepatnya pojokan antara Jalan Cokroaminoto dan Jalan Ringin, samping SDK Santa Maria. Untuk jam operasionalnya dibagi menjadi dua waktu. Pagi mulai jam 07:00 sampai dengan 11:00 siang. Kemudian saat malam mulai jam 05:00 sore hingga 11:00 malam.

2. Nasi Pecel Bu Mandung

Warung Nasi Pecel Bu Mandung terletak di antara Warung Nasi Pecel Pojok dengan Warung Nasi Pecel Bu Wir Kabul, tepatnya di depan SDK Santa Maria. Meskipun berdekatan dengan warung pecel tersebut tapi pecel bu Mandung tetap aja ramai dikunjungi oleh pelanggan setianya. Warung ini berupa tenda yang baru buka setelah magrib hingga pukul 3.00 dini hari. Keberadaan Nasi Pecel Bu Mandung seakan mengukuhkan Jalan Cokroaminoto sebagai surga nasi pecel di wilayah Kota Madiun. Letak antara satu warung dengan warung lainnya pun tak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Warung-warung tersebut pun memiliki pelanggan setia masing-masing.

Nasi Pecel Bu Mandung : Jl. Cokroaminoto No. 110, Kejuron Madiun, Jawa Timur

3. Nasi Pecel Sri Tanjung

Masih di sekitaran Jalan Cokroaminoto Kota Madiun dan tak jauh dari Warung Nasi Pecel Bu Wir Kabul, terdapat Warung Nasi Pecel Sri Tanjung. Berbeda dengan Warung Pojok, 99, atau Bu Wir Kabul yang memiliki bangunan permanen, Nasi Pecel Sri Tanjung merupakan deretan tenda yang cukup panjang di depan etalase beberapa toko. Nasi pecel ini hanya buka di malam hari mulai jam 18.00 sampai dinihari. Meskipun hanya buka di malam hari nasi pecel Sri Tanjung tidak pernah sepi pengunjung baik dari kalangan tua maupun muda.

Nasi Pecel Sri Tanjung : Jl. Cokroaminoto, Kejuron Madiun, Jawa Timur

4. Nasi Pecel Madiun 99

Warung nasi pecel selanjutnya adalah Depot Nasi Pecel Madiun 99. Dinamakan demikian karena terletak di Jalan Cokroaminoto No. 99, Kota Madiun, tak jauh dari Warung Nasi Pecel Pojok. Depot yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini konon merupakan tempat favorit mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono ketika berkunjung ke Kota Madiun. Hal ini terlihat dari beberapa foto beliau berdua yang sedang menikmati nasi pecel terpampang di dinding depot ini. Selain melayani makan di tempat Pecel Madiun 99 juga menyediakan sambel pecel kemasan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Jam operasional dari Nasi Pecel 99 Madiun ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

Nasi Pecel Madiun 99 : Jl. Cokroaminoto No.99, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

5. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

Tidak jauh dari Warung Nasi Pecel Pojok, terdapat warung nasi pecel yang tak kalah enak. Nasi Pecel Bu Wir Kabul namanya. Terletak di Jalan Cokroaminoto No. 115 Kota Madiun, warung ini menyajikan nasi pecel dengan sambal kacang yang pedas dan gurih.

Kabar tentang kenikmatan Nasi Pecel tersiar hingga ke berbagai daerah,khususnya di Pulau Jawa, yang memunculkan Nasi Pecel khas dari daerahnya masing-masing, misalnya Pecel Madiun, Pecel Semarang, Pecel Solo, Pecel Blitar, dan lain-lain. Diantara berbagai Nasi Pecel yang khas dari berbagai daerah di Indonesia, saya tidak bisa mengatakan mana yang lebih enak rasanya atau kelebihan dan kekurangan apa yang ada padanya, karena semua tergantung dari selera masing-masing pribadi. Dan setiap makanan khas dari suatu daerah pasti memiliki ciri khas tertentu yang mungkin tidak dimiliki di daerah yang lain, ya walaupun namanya sama. Jadi dinikmati aja makan Nasi Pecelnya, entah itu dari Madiun, Solo, Semarang atau daerah manapun

Itulah beberapa kuliner madiun yang bisa anda kunjungi ketika anda bepergian ke kota Madiun atau kota lainnya seperti Solo, Yogyakarta, Semarang. Rasanya adanya ada yang hilang bila anda tidak mencicipinya ketika anda berkunjung ke kota Madiun.

Nasi Pecel Bu Wir Kabul : Jl. Cokroaminoto No. 117, Kejuron Madiun, Jawa Timur

BACA JUGA  Pecel Malang Yang Terkenal Sejak Dulu